Agar Rezeki Mengejarmu

Agar Rezeki Mengejarmu

Judul : Agar Kau Dikejar Rezeki
Penulis : Saiful Hadi El-Sutha
Penerbit : Wahyu Qolbu
Tahun : 2017
Tebal : 372 halaman

Rezeki dan penghidupan seluruh makhluk di muka bumi ini pasti dijamin oleh Tuhan. Kita tidak perlu khawatir bahwa kita tidak akan kebagian rezeki. Sebagai orang yang beriman, kita semua dilarang bersikap pesimis ataupun skeptik terhadap rezeki dan kemapanan hidup di saat sekarang dan masa mendatang.

Inilah kira-kira pesan penting dalam buku Agar Kau Dikejar Rezeki karya Saiful Hadi El-Shuta. Saiful Hadi melalui buku ini mengulas persoalan yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari umat manusia. Ia dengan cermat dan bijak menggali makna hidup dan mendorong pembaca untuk tetap optimis dalam menjalani hidup.

Sudah jelas bahwa kecukupan rezeki menjadi kebutuhan setiap orang dan setiap makhluk telah dijamin oleh Allah SWT. Meskipun demikian, kita tidak cukup berdiam diri dan berpangku tangan menunggu rezeki itu datang sendiri. Dalam konteks inilah, penulis memaparkan beberapa rahasia dan kunci untuk membuka pintu rezeki. Penulis mencoba untuk menjelaskan satu per satu dari 30 rahasia tersebut secara komprehensif. Di awal pembahasannya, ia memulainya dengan kunci pertama, yaitu menjalin silaturrahmi dan kerjasama.

Dengan rajin bersilaturrahmi, secara langsung maupun tidak, kita telah memperbanyak jaringan relasi dengan orang lain yang akan menunjang kemudahan hidup, apalagi dalam kaitannya dengan pekerjaan dan usaha kita (halaman 2).

Tidak ragukan lagi bahwa untuk maraih sukses, kita perlu membangun dan menjaga silaturrahmi dengan orang lain. Inilah sebuah kenyataan di dalam kehidupan ini. Kita membutuhkan orang lain untuk saling melengkapi, menutupi kekurangan dan menambah kekuatan. Ingatlah, tidak ada kesuksesan tanpa keterlibatan dan bantuan orang lain. Takdir kita bukan sebagai makhluk individu, melainkan makhluk sosial yang saling ketergantungan.

Kunci dan rahasia lain untuk menjemput rezeki adalah semangat kewirausahaan. Kewirausahaan akan menjadikan seseorang sebagai pribadi yang ulet, tahan banting dan kreatif, sekaligus memacu kita untuk membuka lapangan kerja bagi diri sendiri, bahkan bagi orang lain (halaman 100).

Kewirausahaan memang menuntut kerja keras dan mengandung resiko gagal pada awalnya, namun pada akhirnya selalu berakhir dengan indah. Ini adalah realita dan fakta yang teruji kebenarannya. Islam secara tegas mengajarkan kita untuk selalu bersikap mandiri dan bekerja keras untuk memperoleh hasil terbaik. Jika kita mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dengan diikuti dengan usaha dan kerja keras, maka rezeki kita akan mengalir deras. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran sejak dini untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di dalam diri, karena setiap orang dilahirkan dengan keunikan sebagai bawaan yang merupakan anugerah Allah SWT.

Kunci yang tak kalah pentingnya untuk menjemput rezeki adalah terus berdoa. Berdoa adalah kunci dan langkah terpenting setelah kita melakukan upaya, kerja, dan usaha secara maksimal. Karena Dia-lah yang berkehendak dan berkuasa untuk memberikan kemualiaan, kejayaan dan kesuksesan. Jelaslah, bahwa doa memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan dan keberhasilan kita.
Sesungguhnya doa adalah pusaka yang selalu menyertai orang yang berdoa. Orang yang berdoa akan terimbas cahaya doa dan ibadah di saat diam dan bergerak. Orang yang berdoa akan selalu bersama
‘pusakanya’ itu, di mana pun ia berada (halaman 363). Intinya, usaha dan doa harus selalu berjalan beriringan. Doa juga menggambarkan bahwa kita adalah makhluk lemah dan segala kekuatan hanya milik Tuhan.

Kelebihan buku ini terletak pada penyajian bahasanya yang sangat sederhana dan dilengkapi dengan kisah-kisah sukses yang sangat memotivasi dan menginspirasi. Buku ini penting dibaca oleh siapa saja yang ingin sukses dalam hidupannya. Selamat membaca! (Hermansyah Kahir/Penulis. Tinggal di Jakarta).

1 thought on “Agar Rezeki Mengejarmu”

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.